Pembinaan dari Pengawas pembina mengenai persiapan OSN, FL2SN dan pengoptimalan PMM

Pembinaan dari pengawas pembina (supervisor) terhadap persiapan OSN (Olimpiade Sains Nasional), FL2SN (Festival Lomba-Lomba Sains Nasional), dan pengoptimalan PMM (Platfom Merdeka Mengajar) melibatkan beberapa langkah dan strategi. Berikut adalah beberapa aspek yang dapat menjadi fokus dalam pembinaan tersebut:

  1. Pemahaman Terhadap Kurikulum dan Materi Ujian:
    • Pastikan pengawas pembina memahami dengan baik kurikulum dan materi ujian yang akan diuji dalam OSN dan FL2SN. Ini termasuk pemahaman mendalam terhadap materi pelajaran yang akan diikutsertakan dalam kompetisi tersebut.
  2. Penyusunan Materi Latihan:
    • Bantu pengawas pembina menyusun materi latihan yang sesuai dengan kurikulum dan standar kompetisi. Materi latihan harus mencakup berbagai tingkat kesulitan untuk mempersiapkan siswa dengan baik.
  3. Pengembangan Soal dan Pembahasan:
    • Bantu dalam pengembangan soal yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan format ujian OSN dan FL2SN. Sertakan pembahasan yang mendalam untuk setiap soal sehingga siswa dapat memahami konsep-konsep yang diuji.
  4. Pelatihan Teknik dan Strategi Ujian:
    • Berikan pelatihan terkait teknik dan strategi dalam menjawab soal ujian. Ajarkan cara mengelola waktu dengan baik dan berikan tips untuk menjawab soal-soal yang mungkin lebih sulit.
  5. Pemantauan dan Evaluasi Kemajuan:
    • Pantau secara berkala kemajuan siswa dalam persiapan OSN dan FL2SN. Lakukan evaluasi terhadap hasil tes dan berikan umpan balik konstruktif untuk membantu mereka meningkatkan performa.
  6. Pengoptimalan PMM:
    • Fokus pada pengoptimalan program PMM dengan menyediakan sumber daya yang memadai, seperti buku-buku referensi, dan pelatihan untuk guru mata pelajaran terkait.
  7. Pengembangan Soft Skills:
    • Selain persiapan akademis, bantu siswa dalam pengembangan soft skills seperti problem-solving, teamwork, dan komunikasi yang akan membantu mereka dalam menghadapi tantangan kompetisi.
  8. Sosialisasi dan Motivasi:
    • Sosialisasikan informasi terkait OSN, FL2SN, dan PMM secara rutin. Motivasi dan dorong semangat kompetisi dalam diri siswa agar mereka tetap termotivasi untuk belajar dan berprestasi.
  9. Pemantapan Mental dan Emosional:
    • Berikan dukungan dalam pemantapan mental dan emosional siswa menghadapi kompetisi. Ajarkan teknik manajemen stres dan cara mengatasi tekanan.

Melalui pembinaan yang holistik dan terarah, pengawas pembina dapat memastikan bahwa persiapan OSN, FL2SN, dan pengoptimalan PMM mencakup aspek akademis dan non-akademis, sehingga siswa dapat tampil maksimal dalam kompetisi dan mengembangkan potensi mereka secara menyeluruh.

SMPN2 KERSAMANAH

SMPN2 KERSAMANAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *